2015 Reading Challenges - 1st Recap

by - 1:25 PM

Tak terasa bulan Juni sudah mau berakhir. Itu berarti tahun 2015 tinggal sisa enam bulan lagi. Di enam bulan sebelumnya, apa yang sudah kamu hasilkan, dapatkan dan selesaikan? Khusus untuk tantangan membaca yang sudah kurencanakan, banyak hal menarik, baik dari buku yang kubaca dan pencapaiannya. So, here’s the first recap of my 2015 Reading Challenges :D


1. Goodreads Reading Challenges 
Status: completed



­Aku berhasil mencapai angka 53 buku pada 13 April :)

2. Books to Movies – Self Reading Challenge
Status: on going

a. Read the book then watch the movie
- The Divergent Series:  Insurgent
Read in June 2013 | Watched in March 2015
And I prefer . . both!
- Fifty Shades of Grey
- Paper Towns
- The Maze Runner: Scorch Trials
- The Hunger Games: Mockingjay Part II

b. Read and watch them in the same year
- Fira dan Hafez/Cinta Selamanya
Read in February 2015 | Watched in May 2015
And I prefer . . the book!
- Surat Untuk Ruth
- Fallen

c. Watch the movie then read the book
- I Don’t Know How She Does It
Watched in 2013 | Read in Januari 2015
And I prefer . . both!
- The Giver
- Supernova: Ksatria, Putri dan Bintang Jatuh

Kelihatannya aku agak ketinggalan di tantangan membaca ini. Itu karena film adaptasi yang kutunggu kebanyakan rilis setelah bulan Juni. Namun aku memang merasa tidak sesemangat sebelumnya untuk membaca dan menonton judul-judul di atas. Ada yang disebabkan oleh mixed review di Goodreads dan ketidakjelasan tanggal rilis di bioskop. Aku berharap ini hanya kejenuhan sementara. Aku pengen tantangan yang satu ini sukses :)

3. Author Wish-list – Self Reading Challenge 
Status: on going

a. John Green
- Looking For Alaska
- Let It Snow
- Will Grayson, Will Grayson

b. Dahlian
- Baby Proposal
- After Office Hour
- The Pilot's Woman
- Promises, Promises

c. Rainbow Rowell
- Attachments
- Eleanor and Park
- Landline

d. Windry Ramadhina
- Metropolis
- Memori
- Orange
- Walking After You

Kemajuanku di tantangan membaca ini cukup baik sampai aku mencoba mencari buku-buku karya John Green. Karyanya sangat populer sampai aku susah sekali mendapat giliran pinjam di taman bacaan langgananku. Tapi aku masih semangat menjalani tantangan ini :)

4. New Author/Ngurangin Timbunan Buku – Self Reading Challenge 
Status: on going

- Wishing Her to Die by Jung Soo Hyun
- Struck by Lightning by Chris Colfer
- I Don't Know How She Does It by Allison Pearson
- Cherish Cheri by Nita Trismaya
- Picture Perfect by Pradnya Paramitha
- Hibischus by Agnes Arina
- Maya Maia by Devania Annesya
- Sesuatu Yang Tertunda by Sky Nakayama
- Winterflame by Fachrul R.U.N
- Jatuh Cinta adalah Salah Satu Cara Untuk Bunuh Diri by Bernad Batubara
- Song of Will by Jason Abdul
- Lost by Eve Shi
- The 5th Wave by Rick Yancey
- Graceling by Katie Cashore

Setelah membuat daftar di atas, aku membeli dan mendapatkan banyak buku yang masuk kategori tantangan membaca ini. Banyak bukunya yang sudah aku baca, bahkan lebih cepat dan niat daripada buku-buku di atas. Jadi aku tambahkan buku-buku itu sebagai sebuah pencapaian dan mubazir aja, hahaha. Berikut buku-buku tambahannya :)

- Travel Young by Alanda Kariza
- Dangerous by Diana Palmer
- Traces of Love by Clio Freya
- Sang Pengkhianat by Lexie Xu
- The Wind Leading to Love by Ibuki Yuki
- Not a Perfect Wedding by Asri Tahir
- The Unexpected Wedding Guest by Aimee Carson
- To All the Boys I Loved Before by Jenny Han
- Gloomy Gift by Rhein Fathia
- The Beginning of Never by O.E. Boroni
- Love Fate by Sari Agustia
- Remedy by Biondy Alfian
- Reva’s Tale by Ruby Astari
- Voila La France by Lona Hutapea Tanasale
- Stay with Me Tonight by Sofi Meloni
- Hujan Bulan Juni by Sapardi Djoko Damono
- Take Off My Red Shoes by Nay Sharaya


5. Receh Untuk Buku 2015
Status: on going



Nah, itu dia rangkuman untuk tantangan membaca yang kuikuti tahun ini. Walaupun ada beberapa target yang di belakang target, aku masih optimis dan semangat untuk terus menjalaninya. Untuk kegiatan membaca sendiri, aku sedikit melambat di bulan Mei. Semacam kena reading slump, gitu. Lucunya tahun lalu di bulan yang sama aku juga mengalami hal yang sama. Tapi sekarang aku sudah mulai membaca lagi. Target dan taktik membaca juga sudah dipakai lagi. Semoga bisa membantuku untuk memenuhi semua tantangan di atas :)

Bagaimana kabar tantangan membaca kalian? ;D

You May Also Like

0 comment(s)

Thanks for leave your comment :D